Welcome

Rabu, 12 September 2012

Kisah Abu Bakar as-Siddiq r.a

Kisah Abu Bakar as-Siddiq r.a

Abu bakar as-Siddiq r.a dilahirkan pada tahun 571 M atau dua tahun setelah Nabi Muhammad saw. Pada masa kecilnya, ia diberi nama Abdul Ka’bah. Nama itu pemberian Ibunya yang bernazar untuk memberikan nama itu ketika sedang hamil. Setelah masuk Islam, namanya diubah menjadi Abdullah bin Abi Kuhafah at-Taimi.
Ayahnya bernama Usman (disebut juga Abi Kuhafah) bin Amir bin Amr bin Sa’d bin Taimi. Ibunya bernama Ummu Khair Salma bin Sakhr. Kedua orang tuanya berasal dari suku Taimi yang banyak melahirkan tokoh terhormat.
Gelar Abu Bakar diberikan oleh Nabi Muhammad saw. Karena ia adalah orang yang paling cepat masuk Islam. Dalam bahasa Arab, Bakar  berarti Bersegera. Abu Bakar memelu Islam dengan segera setelah diajak Nabi Muhammad saw. tanpa berpikir panjang. Adapun gelar as-Siddiq diberikan karena ia selalu membenarkan Nabi Muhammad saw. Dalam berbagai peristiwa, terutama peristiwa Isra dan Mikraj.
Pada masa kecilnya, Abu Bakar as-Siddiq dikenal sebagai anak yang baik, sabar , jujur dan lemah lembut. Dengan itulah,  membuat Abu Bakar as-Siddiq disukai masyarakat. Ia bersahabat dengan Nabi Muhammad saw. Sejak keduanya masih remaja. Setelah dewasa, Abu Bakar as-Siddiq mencari nafkah dengan berdagang. Beliau juga dikenal sebagai pedagang yang jujur dan dapat dipercaya dalam menjalankan usaha dagangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar